adsENSE




Tuesday 15 April 2014

Lampu Traffic Light EWB Elektronika Digital

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya dengan judul “Laporan Tugas Elektronik Digital: Program Elektronik Word Brench Rangkaian Sederhana Lampu Traffic Light”.
Makalah ini berisikan tentang informasi Pengertian program Elektronik Word Brench atau yang lebih khususnya membahas penerapan tentang rangkaian saderhana lampu traffic light, karakteristik serta perspektif dalam pelajaran Elektronik Digital.
Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang penggunaan lampu traffic light. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Hormat kami,


Tim Penyusun



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………………………… 1
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………………… 2
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………………………………………… 3
A. Latar Belakang ………………………………………………………………………………………………… 3
B. Tujuan Makalah………………………………………………………………………………………………… 3
C. Manfaat Laporan………………………………………………………………………………………………… 3
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………………………………………… 4
A. Pengertian EWB (Electronic Work Bench)………………………………………………………………… 4
B. Komponen Komponen Dalam Menbuat Rangkaian Traffic Light ………………………………………… 5
C. Cara Membuat Rangkaian Traffik light ……………………………………………………………………… 5
D. Analisa Rangkaian…………………………………………………………………………………………… 6
1. Kesimpulan dari Analisa Rangkaian………………………………………………………………………… 6
2. Gambar dari Analisa Rangkaian……………………………………………………………………………… 6
BAB III GAMBAR RANGKAIAN………………………………………………………………………………… 7
A. Gambar Rangkaian Menyala Lampu Merah………………………………………………………………… 7
B. Gambar Rangkaian Menyala Lampu Kuning……………………………………………………………… 7
C. Gambar Rangkaian Menyala Lampu Hijau………………………………………………………………… 8
D. Gambar Rangkaian Menyala Lampu Merah Dan Kuning………………………………………………… 8
E. Kesimpulan Gambar…………………………………………………………………………………………… 8
BAB IV PENUTUP……………………………………………………………………………………………… 9
A. Kesimpulan……………………………………………………………………………………………………… 9
B. Saran…………………………………………………………………………………………………………… 9
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………………………… 10

BAB I
PENDAHULUAN




A. Latar Belakang

Traffic light adalah lampu yang digunakan untuk mengatur kelancaran lalu lintas di suatu persimpangan jalan dengan cara memberi kesempatan pengguna jalan dari masing -masing arah untuk berjalan secara bergantian. Karena fungsinya yang begitu penting maka lampu lalu lintas harus dapat dikendalikan atau dikontrol semudah dan seefisien mungkin guna memperlancar arus lalu lintas di suatu persimpangan jalan.
Seiring dengan perkembangan zaman yang juga disertai dengan perkembangan teknologi, jumlah kendaraan yang ada terus bertambah banyak sehingga lalu lintas di jalan juga semakin bertambah padat, akan tetapi hal tesebut tidak diikuti dengan perkembanagn infrastruktur yang ada. Perkembangan tersebut membawa dampak terhadap sistem lalu lintas yang ada yaitu dalam sistem pengaturan waktu penyalaan traffic light.

B. Tujuan Makalah

Agar mahasiswa dapat mengetahui menganalisa dan menbuat rangkaian sederhana lampu traffic light (lampu lalu lintas)

C. Manfaat Laporan

Untuk mengetahui, menganalisa dan membuat rangkaian sederhana lampu traffic light (lampu lalu lintas). 

BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Electronic Work Bench (EWB)

Electronic Work Bench (EWB) adalah salah satu jenis software elektronika yang digunakan untuk melakukan simulasi terhadap cara kerja dari suatu rangkaian listrik. Perlunya simulasi rangkaian listrik adalah untuk menguji apakah rangkaian listrik itu dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan pendekatan teori yang digunakan pada buku-buku elektronika, tanpa harus membuat rangkaian listrik itu secara nyata.
Electronic Work Bench (EWB) terdiri dari Menu Reference, Sources, Basic, Diodes, Transistors, Analog ICs, Mixed ICs, DigitalICs, Indicators dan masih banyak lagi menu yang terdapat pada Electronic Work Bench (EWB). Dalam penggunaan Electronic Work Bench (EWB) ada tiga hal yang perlu dikuasai oleh pemakai baru Electronic Work Bench (EWB) yaitu cara pemakaian alat ukur yang disediakan, pemakaian komponen elektronika (mencakup komponen aktif, pasif dan sumber sinyal/sumber tegangan) dan pembentukan rangkaian.
Pada pembentukan rangkaian, setelah mengambil beberapa komponen yang diinginkan untuk membentuk suatu rangkaian listrik, diperlukan penyambungan pada kaki-kaki dari satu simbol ke simbol lainnya. Penyambungan kaki dapat dilakukan dengan arahkan mouse pointer ke ujung kaki simbol, usahakan ujung kaki simbol berwarna terang. Lalu klik dan tahan mouse, tujukan ke ujung kaki simbol yang ingin disambung sampai ujung kaki simbol tersebut berwarna terang dan lepas mouse. Kedua komponen akan tersambung dengan suatu simbol kawat penghantar. Untuk lebih jelasnya dapat ditanyakan pada asisten.
Setelah tiga hal tersebut dikuasai, rangkaian listrik sudah dapat dibentuk. Setelah rangkaian listrik plus alat ukur dipasang pada bagian yang akan diukur (biasanya input dan output), Anda dapat memulai simulasi dengan menekan simbol saklar yang terletak di pinggir kanan atas (klik tanda I untuk on simulasi dan klik tanda O untuk off simulasi; tanda pause bisa juga digunakan terutama untuk mencatat nilai).
Usahakan windows kecil alat ukur tetap terbuka, supaya grafik hasil pengukuran dapat dibaca. Setelah menguasai tiga langkah dasar dan cara simulasinya, diharapkan Anda dapat menguasai dasar penggunaan software ini. Untuk menguasai software ini secara detail, Anda dapat menanyakannya pada Asisten bagian yang belum dimengerti. Semoga Anda tertarik dengan simulasi rangkaian listrik dengan software Electronic Work Bench (EWB) 5.12 ini.

B. Komponen-Komponen Dalam Membuat Rangkaian Traffic Light (Lampu Lalu Lintas):

a) Vcc (Arus positif)
b) Ground (Arus Negatif)
c) 2 Buah Saklar (A) dan (B)
d) 2 Buah Hambatan (Resistor) masing-masing 1 k. Ohm
e) 2 Buah Gerbang NOT
f) 5 Buah Gerbang AND
g) 2 Buah Gerbang OR
h) 3 Buah Lampu (Merah), (Kuning), (Hijau)
i) 12 Buah Conector

C. Cara Membuat Rangkaian Traffik light.

Sambungkan Vcc (Arus Positif) ke Conector 1, Sambungkan Conector 1 ke dua Buah Saklar (A) dan (B),Saklar (A) Sambungkan ke Conector 2, Conector 2 Sambungkan ke Conector 3 dan Hambatan (Resistor 1), Conector 3 Sambungkan ke Gerbang (NOT 1) dan Conector 10, Saklar (B) Sambungkan ke Conector 4, Conector 4 Sambungkan Ke Hambatan (Resistor 2) dan Conector 5, Conector 10 Sambungkan ke Conector 11, Conector 5 Sambungkan ke Gerbang (NOT 2) dan Conector 12, Gerbang (NOT 2) Sambungkan ke Conector 6 dan Conector 8, Sambungkan Conector 6 dan Conector 7 ke Gerbang (AND 1), Conector 8 dan 10 ke gerbang (AND 2), Conector 8 dan 11 ke Gerbang (AND 3), Conector 12 dan 11 ke Gerbang (AND 4), Conector 12 dan 7 ke Gerbang (AND 5), Hubungkan Gerbang (AND 1) dan (AND 2) ke Gerbang (OR 1), Hubungkan Gerbang (AND 3) dan (AND 4) ke Gerbang (OR 2), Sambungkan Gerbang (OR 1) ke Lampu Merah, Sambungkan Gerbang (OR 2) ke Lampu Kuning, Sambungkan (AND 5) ke Lampu Hijau. 
D. Analisa Rangkaian
Lampu Lalu Lintas (Traffic Light)
Rangkaian sekuensial menyalanya lampu merah, kuning dan hijau pada sebuah lampu lalu lintas berlangsung dalam 4 tahap seperti dalam tabel kebenaran berikut ini :

Input Output

Saklar A Saklar B | Lampu Merah | Lampu Kuning | Lampu Hijau
0 0 1 0 0
0 1 1 1 0
1 0 0 0 1
1 1 0 1 0

1. Kesimpulan dari Analisa Rangkaian:
Lampu Merah = A’B’ + A’B
Lampu Kuning = A’B + AB
Lampu Hijau = AB’

2. Gambar dari Analisa Rangkaian.
Lihat Gambar hasil rangkaiannya dalam EWB (Electronics Workbench) di bawah ini



BAB III
GAMBAR RANGKAIAN


A. Gambar Rangkaian Menyala Lampu Merah



B. Gambar Menyala Lampu Kuning



C. Gambar Menyala Lampu Hijau



D. Gambar Menyala Lampu Merah Dan Kuning



E. Kesimpulan Gambar
• Jika Saklar A dan B OFF maka Lampu Merah Menyala
• Jika Saklar A dan B ON maka Lampu Kuning Menyala
• Jika Saklar A OFF dan Saklar B ON maka Lampu Hijau Menyala
• Jika Saklar A ON dan Saklar B OFF maka Lampu Merah dan Kuning Menyala

BAB IV
PENUTUP


A. Kesimpulan
Jadi Kesimpulan dari Analisa Rangkaian:
Lampu Merah = A’B’ + A’B
Lampu Kuning = A’B + AB
Lampu Hijau = AB’

B. Saran
Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman dalam memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya.
Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.  

DAFTAR PUSTAKA

_____ 2011. Latar belakang traffic light. Di akses dari http://etd.eprints.ums.ac.id/12284/2/BAB_I.pdf, pada tanggal 15 Desember 2011.
Author Cah Pucanglaban . 2009. Contoh Soal membuat rangkaian lampu lalu lintas dengan EWB (Electronics Workbench). Di akses dari http://fullsearching.blogspot.com/2009/07/contoh-soal-membuat-rangkaian-lampu.html pada tanggal 15 Desember 2011.

2 comments: